RSS

Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan Melalui Pilar Persatuan ASEAN

03 Sep

Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN merupakan pengambilan keputusan tertinggi di ASEAN. KTT ASEAN ke-22 dilaksanakan di Bandar Seri Bengawan, Brunei Darussalam. KTT ASEAN di Brunei mengambil tema “Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan”. Dalam pertemuannya  antar delegasi anggota ASEAN ini membahas mengenai pembangunan badan persatuan ASEAN yang berdasarkan pada tiga pilar yaitu persatuan ekonomi, persatuan politik keamanan, dan persatuan sosial budaya. Pembangunan badan persatuan ASEAN berdasarkan ketiga pilar ini diharapkan mampu mewujudkan menyatukan rakyat, menciptakan masa depan.

Untuk mencapai pembangunan badan persatuan ASEAN diperlukan adanya kerjasama yang sungguh – sungguh antar negara anggota ASEAN. Pembangunan badan persatuan ASEAN bertujuan untuk menyatukan rakyat ASEAN sehingga dapat terbentuk persatuan di kawasan Asia Tenggara ini. Badan persatuan ASEAN ini juga untuk menaungi kegiatan negara – negara ASEAN dalam melaksanakan Komunitas ASEAN mendatang. Pencapaian tujuan pembangunan badan persatuan ASEAN ini dapat dilakukan melalui implementasi tiga pilar ekonomi, politik keamanan,sosial budaya. Persatuan ekonomi dapat dilakukan bahkan kini sudah mulai dilakukan dengan mengintegrasikan ekonomi ASEAN. Dalam hal ini negara – negara ASEAN telah membentuk kesepakatan adanya aliran barang dan jasa, investasi yang bebas lintas negara ASEAN. Selain itu, dengan adanya pemotongan bahkan penghapusan pajak seperti pajak import dan investasi. Hal ini akan memudahkan pengusaha untuk menanamkan modalnya di negara anggota ASEAN juga mengimport barang – barang tanpa takut dikenai pajak yang tinggi. Dengan integrasi ekonomi memudahkan suatu negara untuk memperluas usahanya ke negara lain atau memasarkan produknya ke negara lain. Jika masyarakat di negara tujuan usaha itu menggemari produk dari negara pengekspor maka dapat membantu meningkatkan perekonomian negara pengekspor juga kepuasan masyarakat negara pengimport. Persatuan ekonomi akan membantu negara – negara ASEAN dalam meningkatkan perekonomian dan menghapuskan kesenjangan ekonomi. Persatuan ekonomi ini sudah mulai dijalankan oleh beberapa negara di ASEAN, meskipun pelaksanaannya belum menyeluruh, tapi sudah memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian di Asia Tenggara ini yaitu meningkatnya pendapatan perkapita, meningkatnya perdagangan antar negara serta meningkatnya investasi asing. Jika hal ini dapat berlanjut, maka ASEAN dapat memimpin perekonomian global dan persatuan ASEAN ini dapat terwujud.

Persatuan politik keamanan dilakukan untuk menjaga perdamaian di ASEAN. Persatuan ini dapat dilakukan melalui hubungan politik, kerjasama industri pertahanan, visa bersama ASEAN, mencegah munculnya perdagangan manusia. Singapura memiliki industri pertahanan yang sangat baik. Tidak heran jika pertahanan di Singapura kuat. Maka dengan adanya persatuan keamanan ini diharapakan negara – negara lain dapat bekerjasama dalam industri pertahanan guna menjaga keamanan di kawasan Asia Tenggara. Negara – negara ASEAN telah menyepekati adanya visa bersama ASEAN untuk kunjungan dalam waktu singkat kecuali Myanmar. Jadi warga negara dapat berkunjung ke negara lain hanya membawa passport tanpa harus memiliki visa. Persatuan ini juga dapat diwujudkan dengan mencegah timbulnya kejahatan seperti perdagangan manusia yang marak terjadi di ASEAN, bukan hanya sebagai pelaku tetapi juga korban. Hal ini jelas mengancam keamanan di ASEAN. Maka dari itu, persatuan politik keamanan diperlukan guna menjaga keamanan ini. Negara – negara di ASEAN bersatu untuk mencegah terjadinya perdagangan manusia. Bersatunya untuk mencegah perdagangan manusia ini akan meningkatkan persatuan rakyat ASEAN karena sama – sama melawan perdagangan manusia. Pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan menggalakan anti perdagangan manusia di beberapa negara oleh para rakyat ASEAN.

Mencapai tujuan pembangunan badan persatuan ASEAN pun dapat dilakukan melalui pilar sosial budaya. Ada kaitannya dengan persatuan ekonomi yaitu dengan longgarnya regulasi dan pengenaan biaya atas investasi asing maka seperti negara – negara maju di ASEAN dapat menanamkan modalnya di negara – negara yang masih kurang dalam perekonomiannya. Secara tidak langsung, negara tersebut telah memberikan kesempatan lapangan pekerjaan kepada negara lain. Meskipun memang persaingan tenaga kerja dapat terjadi secara regional, setidaknya peluang ini dapat dimanfaatkan oleh warga negara tujuan investasi untuk mendapatkan pendapatan tanpa harus pergi ke luar negeri. Dengan demikian, adanya perluasan usaha ke negara lain pun mampu untuk menyatukan masyarakat ASEAN. Melalui kerjasama dalam satu kantor dan menjalin hubungan sosial maka akan terbangun rasa persatuan di antara rakyat ASEAN. Dengan demikian, perluasan kesempatan kerja mampu membantu pengentasan kemiskinan di negara tujuan investasi. Selain itu, melalui persatuan sosial budaya ini dapat pula diselenggarakan kegiatan pemuda dan pendidikan. Kegiatan pemuda ini dapat dilakukan dengan mengadakan forum, diskusi, konferensi pemuda dari negara – negara ASEAN. Dalam kegiatan tersebut, para pemuda dapat berbagi pengalaman sehingga persatuan pun dapat tercapai. Tidak hanya itu, kegiatan volunteer pun dapat dilakukan oleh para pemuda. Seperti dibentuknya ASEAN Volunteer yang menaungi para pemuda yang memiliki kesukarelaan untuk mengikuti kegiatan sosial di negara lain. Kegiatannya dapat berupa memberikan pengajaran dari pemuda kepada daerah pedalaman di suatu negara yang pendidikannya masih kurang. Dengan kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan persatuan dan kepedulian antar rakyat ASEAN. Melalui pendidikan dapat dilakukan dengan pertukaran pelajar. Pertukaran pelajar tidak sekedar menuntut ilmu di negara lain tetapi juga mengenal kebudayaan lain dan dapat bersosialisasi dengan pelajar dari negara lain termasuk masyarakat setempat. Hal ini dapat mendorong pelajar untuk meningkatkan persatuan. Tentunya berdampak pada pembangunan badan persatuaan ASEAN.

Upaya – upaya tersebut dapat mencapai tujuan pembangunan badan persatuan ASEAN. Berdasarkan tiga pilar persatuan yang masing – masing pilar terdapat kegiatan yang berlandaskan pada pilar tersebut, maka akan tercapai pembangunan badan persatuan ASEAN yang berujung pada terciptanya persatuan rakyat ASEAN. Melihat dampak positif yang diberikan dari penerapan tiga pilar persatuan ini maka optimis negara – negara ASEAN akan mampu mewujudkan “Menyatukan Rakyat, Menciptakan Masa Depan”. Persatuan ASEAN pun dapat dicapai pada 2015. Terintegrasinya ekonomi yang dapat meningkatkan transaksi jual beli barang dan jasa, kerjasama pertahanan untuk menjaga keamanan, serta peningkatan kegiatan kemasyarakatan dan kebudayaan akan mampu mempersatukan rakyat ASEAN. Setiap rakyat yang beraktivitas lintas negara atau berinteraksi dengan warga negara lain di negaranya akan mampu menciptakan keharmonisan dan menghargai adanya perbedaan. Terlebih jika antar rakyat menjalin kerjasama tentunya akan terbentuk rasa persatuan dengan sendirinya. Peranan rakyat lah yang akan menentukan pembangunan. Pemerintah hanya memberikan regulasi, tapi pelaksanaan sepenuhnya oleh rakyat. Rakyat yang akan menciptakan perekonomian, perdamaian, dan sosial masyarakat. Dengan demikian rakyat akan bersatu, dengan persatuan itulah maka pembangunan masa depan dapat diciptakan karena adanya integrasi dari semua rakyat ASEAN yang memiliki kesiapan untuk menciptakan masa depan dengan kekuatan ekonomi, politik keamanan, sosial budaya yang akan yang maju dan berdampak baik tidak hanya untuk negara dan ASEAN tetapi juga kerjasama ASEAN di tingkat internasional mendapatkan pengakuan dan predikat baik.

 
Leave a comment

Posted by on September 3, 2013 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: