RSS

Indonesia : Born to Tourist Destination

28 Aug

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya juga sumber daya alam. Keberagaman budaya dari Sabang sampai Merauke kerap menghiasi indahnya nusantara. Begitupun dengan kekayaan alam yang berlimpah. Rasanya tidak akan kekurangan flora dan fauna serta sumber daya alam. Kepulauan  yang terbentang semakin menampakan eloknya negeri merah putih ini. Maka tidak heran, Indonesia di jadikan destinasi wisata oleh para wisatawan asing. Tak hanya itu, keberagaman budaya pun tidak jarang digemari oleh wisatawan mancanegara. Banyak wisatawan mancanegara yang ingin belajar kesenian tradisional seperti angklung, tari tradisional. Maka dari itu pemerintah perlu melakukan pengembangan wisata di Indonesia karena negeri ini memiliki potensi wisata yang menonjol. Indonesia harus memperkenalkan branding nation untuk mempromosikan kekayaan wisata di Indonesia sehingga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke nusantara.

Melihat kekayaan budaya dan kekayaan alam yang dimiliki nusantara, sudah saatnya Indonesia memiliki branding nation yang membedakannya dengan negara lain. Mengusulkan branding nation untuk Indonesia adalah Indonesia : Born to Tourist Destination. Artinya Indonesia lahir untuk dijadikan tujuan wisata. Diberi brand demikian karena kekayaan yang dimiliki Indonesia menjadikan negeri ini sebagai tujuan wisata. Kekayaan budaya dan alam ini telah lahir secara natural. Budaya dan alam yang lahir di negeri ini dengan keberagaman dan keindahannya tentunya sangat patut untuk dijadikan objek wisata. Indonesia adalah negara di ASEAN yang memiliki kekayaan budaya dan alam yang berlimpah. Sehingga destinasi wisata di Indonesia tidak hanya wisata alam tetapi juga wisata budaya dan wisata flora fauna. Maka dari itu, Indonesia lahir sebagai tujuan wisata.

Branding Indonesia : Born to Tourist Destination untuk mempromosikan wisata yang ada di Indonesia kepada ASEAN dan dunia. Maka dari itu, perlu ada pengembangan wisata budaya dan alam. Budaya yang lahir di Indonesia seperti alat musik tradisional, tari tradisional, lagu tradisional, pakaian tradisional, rumah adat, warisan budaya. Nyatanya perlu dikembangkan dan dilestarikan. Mengembangkan wisata budaya akan menjanjikan untuk sektor pariwisata. Namun, bukan semata – mata untuk pariwisata. Tujuan terpenting adalah untuk melestarikan budaya sebagai warisan ibu pertiwi yang harus dijaga.

Tujuan wisata di Indonesia sangat beragam. Indonesia mempunyai Raja Ampat yang begitu menakjubkan. Keindahan alam Raja Ampat Papua merupakan warisan alami yang dimiliki Indonesia. Candi yang tersebar di wilayah Indonesia merupakan  warisan budaya nenek moyang. Begitupun Saung angklung Udjo, angklung sebagai alat musik tradisional yang digemari untuk dipelajari oleh wisatawan asing. Bahkan negara lain ada yang membuat sanggar untuk mempelajari angklung. Maka sangat cocok Indonesia dikatakan sebagai Born to Tourist Destination.

Negara – negara di ASEAN seperti Malaysia dan Singapura yang memajukan pariwisata, banyak menjadi incara wisatawan apalagi dengan branding nation yang dimilikinya, kedua negara ini semakin dikenal dunia.Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan alam yang lebih dari Malaysia dan Singapura sudah seharusnya bisa membangkitkan pariwisata dan memperkenalkannya kepada dunia dan ASEAN.

Branding nation Indonesia : Born to Tourist Destination diharapkan dapat menjadi kebanggaan tesendiri bagi Indonesia dan tentunya masyarakat. Selain itu, menjadi tujuan wisata di ASEAN karena kekayaan di ASEAN yang lahir dengan sendirinya hanya dimiliki oleh Indonesia. Sehingga dengan keindahannya yang alami itu dapat menarik wisatawan untuk berwisata di negara kepualuan.

 
2 Comments

Posted by on August 28, 2013 in Uncategorized

 

2 responses to “Indonesia : Born to Tourist Destination

  1. Karolyn

    January 2, 2015 at 2:33 am

    You post interesting content here. Your website deserves much bigger audience.
    It can go viral if you give it initial boost, i know
    very useful service that can help you, just type in google: svetsern traffic
    tips

     
    • widdyarahmawaty

      January 10, 2015 at 4:18 am

      Thank you for your advise and visiting blog karolyn

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: